cara makan rosulullah saw

Berjalan-jalan setelah makan malam sangat baik sekali. Tapi, bisa juga digantikan dengan shalat. Hal itu dimaksudkan agar makanan yang dikonsumsi masuk lambung dengan tepat dan baik sehingga bisa dicerna dengan baik. Diriwayatkan dari Nabi muhammad saw , beliau bersabda, “Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah yang Mahatinggi dan shalat, serta janganlah kalian tidur setelah makan, karena dapat membuat hati kalian menjadi keras. ” (HR. Abu Nua’imi”
Diriwayatkan dari Anas & dengan status marfu’,
“Makan malamlah sekalipun hanya dengan kurma kering ( yang rusak)’, karena meninggalkan makan malam dapat mempercepat penuaan.
dari Jabir ra. dengan status marfu’ juga,
Janganlah kalian meninggalkan makan malam sekalipun hanya dengan satu buah kurma, karena meninggalkan makan malam dapat menyebabkan penuaan. “”
Selanjutnya, hendaklah mencuci tangan setelah makan untuk menghilangkan kotoran dan bau. Rasulullah saw bersabda,
“Barang siapa tidur sedang di tangannya ada lemak sisa makan, lalu lemak itu mengenai sesuatu, maka hendaklah dia tidak mencela, kecuali dirinya sendiri. ‘
Masih diriwayatkan dari beliau
WUdhu sebelum makan dapat mencegah kemiskinan, dan wudhu setelah makan dapat mencegah kebimbangan, ”
Plato pernah mengatakan, “Barang siapa mengantarkan dirinya kekamar kecil sebelum tidur, maka keindahan penampilan dirinya akan tetap terjaga. »
Dan hal itu pun telah diperintahkan oleh Rasulullah saw jauh Sebelum Plato, Yaitu melalui hadits al-Barra bin Azib ra, Rasulullah saw.: jika engkau ketempat tidur, hendaklah dia berwudhu dengan wudhu mu waktu sholat.

 

Iklan

komentar sahabat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s