Ceramah al-‘Allaamah alHabib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafizh Tentang Makna Keberkahan

al-‘Aarif biLLAAH alHabib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf (gurunya alHabib Umar bin Hafizh) pernah bercerita tentang seorang lelaki yg memiliki hajat kebutuhan & hidup dalam keadaan fakir. Suatu saat lelaki ini bermimpi melihat seseorang dan berkata kepadanya bahwa di tempat anu di bawah sebuah batu ada uang 1000 dirham, lelaki itu bertanya: “Apakah ada keberkahannya?”, dijawab: “Tidak ada”. Seraya lelaki itu berkata: “Aku tidak mau memenuhi hajatku dengan uang itu”.

Di hari berikutnya ia bermimpi lg tentang hal yg sama, dikatakan di tempat anu di bawah batu ada uang 500 dirham, lalu ia bertanya: “Apakah ada keberkahannya?” Dijawab: “Tidak”. Dijawab lagi oleh lelaki itu: “Aku tdk mau memenuhi hajatku dg uang itu”. Berulang terus mimpi lelaki tersebut, disebutkan uang 100 dirham, kemudian 10 dirham.

Sampai pada malam yg lain lelaki itu bermimpi lagi hal yg sama melihat seseorang dan berkata kepadanya bahwa di tempat anu di bawah batu ada uang 2 dirham, lalu ia bertanya: “Apakah ada keberkahannya?” dijawab: “Iya, ada”. Sontak lelaki itu berkata: “Jika ada berkahnya aku mau”.

Lalu lelaki itu menceritakan hal ini kepada isterinya, isterinya ini termasuk orang yg tidak faham akan makna keberkahan. Si isteri berkata: “Engkau berikan kami 2 dirham dari yg awalnya 1000 dirham, hanya karena tidak ada keberkahannya?”. Dijawab lelaki itu: “Pokoknya aku hanya ingin yg ada keberkahannya”.

Singkat cerita pergilah si isteri untuk mencari tahu kebenaran mimpi suaminya, dan ternyata memang benar, ada uang 2 dirham sebagaimana di mimpi suaminya itu. Ia pergi ke pasar, ia beli 2 ekor ikan dengan uang 2 dirham itu, lalu ia pulang ke rumah. Tatkala pisau membelah perut ikan yg pertama, tiba-tiba ada intan permata di dalam perut ikan tersebut, lalu dibelah lagi perut ikan yg kedua, juga ada banyak intan permata di dalamnya. Sehingga jadilah ia memiliiki ratusan ribu dirham. Maka ia berkata: “Lihatlah keberkahan ini hai fulanah, kalau kita ambil yg 1000, berapa lama kita bisa bertahan & akan cepat habis. Sekarang ambillah yg ingin kau ambil & sedekahkanlah dan berikan kepada para tetangga.”
Begitulah keberkahan nampak hasilnya dg jelas di alam ini.

Wallaahu a’lam bishShawab

Iklan

komentar sahabat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s