adab terhadap makanan

16265627_1862270060707556_4468687190566577608_n

sayyidi mawlana shaykh hisham kabbani

■adab terhadap makanan■

Suatu waktu nabi(saw) tiba di rumah beliau dan menemukan sekerat roti terjatuh di atas lantai.
Beliau mengambilnya,membersihkannya,meniupnya dan memakannya.sedangkan hari ini,bukan saja kita melihat potongan-potongan roti di atas lantai,kita malah membuang makanan dari piring-piring kita.
Kita mengambil makanan lebih daripada yang bisa kita telan dan kemudian kita membuang sisanya begitu saja sebagai sampah,yang berarti membuang semua barakahnya !
Nabi(saw) menyuruh kalian untuk menjilat kelima jari ketika kalian selesai menghabiskan makanan,karena barakah mungkin terdapat pada gigitan terakhir ketika membersihkan piring kalian:

Idzaa waqa’ta luqmat ahadikum fal-yaakhudz haa fal-yumit maa kaana bihaa min adzaa wal-yaakulhaa wa laa yad’ahaa li’sy-syaythaani wa laa yamsah yadahu bi’L-mindiiLi hatta yal’aqa ashaabi’ahu fa innahu laa yadrii fii ayyi tha’aamihi al-barakah.

Syaitan selalu berada bersama kalian apa pun yang kalian perbuat.ketika kalian makan ,ia pun berada di sisi kalian.karena itu,ketika sebutir makanan jatuh dan sesuatu melekat padanya,bersihkanlah dan makanlah butiran itu,dan jangan kau biarkan ia untuk di makan oleh syaitan.
Dan ketika kalian menyelesaikan makan kalian,jilat jari-jemari kalian karena seseorang tak pernah tahu bagian makanan yang mana yang mungkin mengandung barakah.
(sahih muslim)

■membaca bismillah sebelum makan■

AwliyauLLah mengingatkan kita untuk mengucapkan,”bismillah”sebelum kita makan untuk menjadikan makanan kita menjadi berkah,karena kebanyakan makanan mempunyai bakteri dan bermasalah.
Segera setelah kalian memasukkan makanan itu ke dalam mulut,300 malaikat ditugaskan pada setiap suapan agar makanan itu dapat dicerna !

SubhaanaLLAh,bakteri adalah makhluk hidup.
Bagaimana malaikat itu dapat membedakan mana bakteri yang baik dan yang berbahaya ?
Nabi(saw) telah mengatakan hal itu 1400thn yang lalu,dan baru-baru ini para ilmuwan menemukan bahwa ada 100.000 miliar bakteri di dalam usus, masing-masing dengan sistem pertahanannya sendiri,dengan komposisinya masing-masing,dengan tentaranya masing-masing.oleh sebab itu ketika tubuh kita sedang di serang,seluruh sistem pertahanannya keluar untuk melawannya.kalian meminum antibiotik untuk memperkuat pertahanan,dan allah mengaruniai nabi(saw) untuk dapat melihatnya.
Bagaimana kita dapat menggambarkannya? Ketika allah memberi,dia memberi.Allah adalah sang pencipta.dia menciptakan sistem yang rumit itu untuk menunjukkan kebesaran-nya.
Sesungguhnya penciptaan langit dan bumi itu lebih besar daripada penciptaan manusia.
(Qs ghafir,40:57)

Iklan

komentar sahabat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s