Ingin sembuh, bersedekahlah!

Kisah ini merupakan salah satu kisah masyhur yang sering di perbincangkan serta menjadi pelajaran dan nasehat untuk semua orang.Pelaku kisah ini ialah seorang kaya dari kalangan pedagang sukses yang mengindap penyakit mengerikan yang tidak mampu ditahan,ia pergi kesalah satu rumah sakit dan melakukan pemeriksaan intensif.Hasil pemeriksaan menunjukkan hasil yang sangat mengejutkan,terdapat kanker dalam tubuhnya dan prosentase kesembuhannya sangat tipis. Para dokter menyarankan agar ia pergi ke luar negari untuk ber obat di sana.Orang itupun pergi ke negara tujuan untuk melakukan berbagai pemeriksaan dan tentunya juga pengobatan..dan sekali lagi ..hasil pemeriksaannya sama dengan pemeriksaan sebelumnya.Para dokter menyarankan agar ia menjalani operasi pengangkatan di beberapa bagian tubuhnya akan tetapi,pelaku kisah ini meminta kepada dokter agar terlebih dahulu menunda operasi pengangkatan kankernya,karena ia ingin kembali ke negaranya terlebih dulu untuk mengurus beberapa pekerjaan dan berwasiat kepada para kerabat,karena kemungkinan ia tidak lagi dapat bertemu dengan mereka.

Ia kembali ke negaranya, kemudian mengurus segala sesuatu terutama tentang bisnisnya,menulis surat wasiat,dan berpamitan kepada kerabatnya tanpa memberitahukan maksud kepergian sebenarnya.Pada suatu hari,saat ia hendak kembali ke rumahnya, ada wanita tua renta yang menarik perhatianya, wanita itu tengah berdiri di samping tempat pemotongan daging hewan,ia terlihat memungut beberapa potongan daging hewan,ia terlihat memungut beberapa potongan tulang yang berjatuhan dari tempat penjagalan hewan itu.Lelaki itu berhenti lalu mendekati wanita tua tersebut dan bertanya tentang kondisinya,mengapa ia mengumpulkan tulang-tulang itu.

Wanita tua itu menjawab bahwa ia memiliki beberapa anak yang telah yatim dan miskin,sehingga mereka tidak memiliki uang untuk membeli daging,Karena itu ia mengumpulkan tulang-tulang itu agar dapat di masak untuk anak-anaknya sebagai pengganti daging,lelaki itu merasa iba lantas ia mengeluarkan sejumlah uang yang banyak dan memberikannya kepada wanita itu, serta meminta kepada pemotong hewan agar selalu mengirimkan sejumlah daging untuk keluarga wanita tua tersebut setiap pekannya,ia juga memberikan uang dalam jumlah besar kepada pemotong hewan itu.

Wanita tua itu berterima kasih kepada orang itu atas kebaikannya dan berdoa untuknya.Setelah itu,ia pulang lelaki itu kembali lagi keluar negeri untuk menjalankan operasi bedah.

Sebelum operasi dilakukan,para dokter kembali memeriksanya secara intensif dan terlihat marah.Dokter bertanya kepada orang itu, Apa Anda pergi kerumah sakit lain untuk berobat..? ia menjawab tidak saya tidak pergi kerumah sakit lain, Dokter kembali bertanya,Anda berdusta kepada saya,jujurlah kepada saya, apakah Anda pergi kerumah sakit lain atau tidak..? ia menjawab saya bersumpah dengan nama Allah bahwa sayatidak berobat kerumah sakit manapun,Mengapa pertanyaan itu di tujukan kepada saya..?

Setelah itu Dokter baru memberitahukan hasil pemeriksaannya seraya berkata, Pemeriksaan terbaru menunjukkan bahwa tidak ada lagi sisa-sisa kanker dalam tubuh anda sekarang anda dalam kondisi sehat.

Orang tersebut tentu saja tidak mempercayai keterangan dokter yang ia dengar,tiba-tiba air matanya mangalir dari kedua matanya,kemudian betanya kepada dokter,apakah yang anda katakan itu benar dokter..? Dokter itupun bersumpah dengan nama Allah atas kebenaran ucapanya,ia lantas memperlihatkan hasil pemeriksaannya. ia memuji Allah lalu kembali ke negaranya dengan selamat dan sehat ia menceritakan kisah itu kepada keluarganya,keluarganya terpana oleh kisah yang mereka dengarkan sendiri,ia pun berkata,Allah menyembuhkan penyakitku karena doa wanita tua yang aku beri sedekah untuk anak-anaknya yang yatim itu,Ia pun berjanji kepada dirinya untuk menjaga keluarga miskin tersebut hingga waktu yang dikehendaki Allah.Maha suci Allah yang Maha kuasa.Nabi pernah bersabda: “Obatilah orang-orang yang sakit diantara kalian dengan sedekah”

Kisah ini menunjukkan, ternyata memang sedekah itu superdahsyat. Sabda Rasulullah itu benar terbukti. “Jika seseorang ingin dihilangkan kesulitannya, diringankan bebannya, ditolong semua permasalahannya, dia harus membantu mereka yang lebih susah, lebih menderita, dan lebih bermasalah. Sedekah adalah jalan terbaik untuk membantu orang lain.” (HR. Ibnu Majah)

Hadits Rasulullah saw yang lainnya berbunyi, “Obatilah orang-orang sakit di antara kalian dengan (mengeluarkan) sedekah, dan bentengilah harta-harta kalian dengan (mengeluarkan) zakat, dan siapkanlah untuk (menangkal) bala’ dengan berdoa.” (HR. Baihaqi)

Dari hadits di atas menunjkkan bahwa sedekah adalah salah satu sebab yang bisa mendatangkan kesembuhan. Bahkan, sedekah bisa mencegah penyakit yang belum datang. Bersedekah sama dengan mencegah datangnya penyakit. Mencegah penyakit lebih baik daripada mengobatinya, bukan? Sebab, mencegah datangnya sesuatu sebelum sesuatu itu datang jauh lebih mudah daripada harus menghilangkannya setelah sesuatu itu datang. Dan, terapi pencegahan lebih berguna daripada terapi penyembuhan. Oleh karena itu, obat yang paling mujarab sebenarnya adalah sesuatu yang bisa mencegah datangnya penyakit. Obat mujarab itu tak lain adalah sedekah.

komentar sahabat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s