Cara melembutkan hati

Hati yang keras sulit sekali menerima nasehat dan sulit sekali menerima perbedaan. Hati yang keras akan menjadikan pandangan mata menjadi kaku dan menjadikan mulut hanya berbunyi “pokoknya.”

Dalam masyarakat, orang yang keras hatinya selalu menjadi diktator, provokator, tukang manas-manasi keadaan, trouble maker, pembuat gelisah orang lain. Nah, saat ini sepertinya hati model begini ini yang banyak. Sulit sekali mencari orang yang sejuk menyejukkan, bersih membersihkan dan damai mendamaikan.

Lalu bagaimana cara melembutkan hati yang keras?
Dalam sebuah riwayat: “Seorang lelaki mengeluh kepada Rasulullah SAW tentang kekerasan hatinya. Maka Rasulullah SAW bersabda kepadanya: “Jika engkau ingin melembutkan hatimu, berilah makan orang-orang miskin dan usaplah kepala anak yatim.”

Dalam bahasa yang lebih umum, berbagi kebahagiaan dengan mengurangi bahkan menghilangkan derita orang lain serta kasih sayang kepada orang-orang yang minus kasih sayang adalah jalan terbaik melunakkan hati. Berhentilah menyendiri dengan kenikmatan, berbagilah. Dalam berbagi itulah hidup menemukan makna (the meaning of life). Tebarkan kasih sayang, di sanalah ada inti kehidupan, betapa indahnya jika kita saling berbagi.

komentar sahabat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s