SESUNGGUHNYA ALLAH MEMBENCI MENGUAP.

Jika kita mengaku muslim dan mengaku bahwasanya kita mencintai Allah, maka salah satu konsekuensinya adalah mencintai segala sesuatu yang dicintai oleh Allah, serta membenci dan menjauhi segala sesuatu yang dibenci oleh Allah. Salah satu perkara yang dibenci oleh Allah adalah menguap.
Seperti yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu anhu bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda, Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan benci terhadap menguap. Maka apabila ia bersin, hendaklah ia memuji Allah (dengan mengucapkan Alhamdullillah). Dan merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang mendengarnya untuk mendoakannya. Adapun menguap, maka ia berasal dari setan. Hendaklah setiap muslim berusaha untuk menahannya sebisa mungkin, dan apabila mengeluarkan suara ha, maka saat itu setan menertawakannya. (HR Bukhari)
Allah membenci menguap karena menguap adalah aktivitas yang membuat seseorang banyak makan, yang pada akhirnya membawa pada kemalasan dalam beribadah. Menguap adalah perbuatan yang dibenci oleh Allah, terlebih-lebih ketika pada waktu shalat. Para nabi tidak pernah menguap, dikarenakan menguap adalah salah satu aktivitas yang dibenci oleh Allah.
Tahanlah Semampumu
Jika seseorang ingin menguap, maka hendaklah dia menahannya sebisa mungkin, atau dengan menutup jalan terbukanya mulut dengan menggunakan tangannya. Hal ini sesuai dengan hadits yang telah diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu anhu bahwasanya Rasullullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Menguap adalah dari setan, maka jika salah seorang di antara kalian menguap, hendaklah ia menahannya sedapat mungkin. (HR Muslim)
Ketika seseorang ingin menguap hendaknya ia menutup mulutnya dengan tangan kiri, karena menguap adalah salah satu perbuatan yang buruk.
Semoga ALLAH ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ ﻭ ﺗﻌﺎﻟﻰ melimpahkan keberkahan kepada kita semua dlm hidup dan mati dlm membawa iman serta termasuk di dalam fadhilah hadits ini,Rasulullah saw bersabda :
ﻣَﻦْ ﺩَﻝَّ ﻋَﻠﻰَ ﺧَﻴْﺮٍﻓَﻠَﻪُ ﻣِﺜْﻞُ ﺃَﺟْﺮِﻓَﺎﻋِﻠِﻪِ
Artinya :Barangsiapa yg menunjukkan kepada sebuah kebaikan maka baginya seperti pahala pelakunya.
(HR.Muslim).

komentar sahabat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s