MASA TUAMU TERGANTUNG SAAT MUDAMU

ika seseorang mulai sadar bahwa usia punya batasannya dan ajal kapan pun bisa menjemputnya, maka setiap waktu akan diarahkan kearah positif maka tentunya semangat giat beramal akan berlapis-lapis, sadar akan dirinya sudah tidak mudah lagi, masa tenggang hidupnya pun sudah berkurang, hingga visi misi hidupnya di kukuhkan dengan tiada hari kecuali untuk beramal kebaikkan.
Saudara-saudariku yang kucintai,
Ajal kematian tidak menunggu kamu sakit atau lanjut usia, karna tidak sedikit mereka yang masih mudah bahkan kanak-kanak sudah dipanggil Allah duluan,menghadap-Nya (Mati:baca).
Dan setiap manusia yang dipanjangkan umurnya pasti akan melewati fase “tua” dan gambaran waktu tuamu tergantung bagaimana kamu mengukirnya saat muda. Apabila kamu sibuk mewarnai usia muda dengan amal kebaikkan, rajin beribadah,lisan berdzikir, cinta dengan majelis-majelis ilmu dan gemar membersihkan hati, maka saat tua nanti pun tidak akan jauh dari aktifitas tersebut, dan begitu juga sebaliknya jarang kita melihat (meskipun ada,tapi sedikit) orang-orang di usia tua,rajin beramal padahal masa mudanya malas beribadah.
“Masa Muda Cerminan Masa Tua”
Allah akan menjaga seseorang di waktu tuanya, jika ia selalu menjaga hak Allah di waktu mudanya. Allah akan menjaga pendengaran, penglihatan, kekuatan dan kecerdasannya.

dan “WASPADALAH APABILA USIA MENDEKATI 40 TAHUN.”
Allah Ta’ala pernah menyinggung di dalam Al-Qur’an tentang usia ini, supaya menjadi perhatian serius ketika anda mulai mendekatinya :

حَتَّى إَذَا بَلَغَ أَشُدَّه وَبَلَغَ أَرْبَعِيْنَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِى أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِى أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَل َصَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِى فِى ذُرِّيَّتِى إِنِّى تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّى مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

“Apabila dia telah dewasa dan usianya sampai empat puluh tahun, ia berdoa, “Ya Tuhanku, tunjukkanlah aku jalan untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan agar aku dapat berbuat amal sholeh yang engkau ridhoi, berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada-MU dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang muslim.” (al-Ahqaf: 15)

Usia 40 tahun disebut dengan jelas dalam ayat ini. Pada usia inilah manusia mencapai puncak kehidupannya baik dari segi fisikal, intelektual, emosi, maupun spiritualnya. Benar-benar telah meninggalkan usia mudanya dan melangkah ke usia dewasa yang sebenarnya. | Jika tidak dipersiapkan dengan matang sejak dini, dikhawatirkan psikologi nya terganggu.!

Saudara-saudariku yang dicintai Allah…,
jika kita teliti terdapat doa indah yang penting dibaca dan difahami dalam ayat tersebut untuk kita baca dan bagi mereka yang akan menginjak atau sudah berusia 40 tahun dan ke atas.
Di dalamnya terkandung penguraian yang jelas bahwa mereka telah menerima nikmat yang sempurna, kecenderungan untuk beramal yang positif, telah mempunyai keluarga yang harmonis, kecenderungan untuk bertaubat dan kembali kepada Allah SWT.

Menurut Imam Ibnu Katsir, ayat ini memberikan petunjuk bahwa manusia apabila menjelang usia empat puluh (40) tahun hendaklah memperbaharui taubat dan kembali kepada Allah dengan giat dan bersungguh-sungguh.

قال ابن كثير في قوله تعالى
:}وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً{ أي تناهى عقله وكمل فهمه وحلمه ويُقال إنه لا يتغير غالبا عما يكون عليه ابن الأربعين.

Di katakan bahwa :
Pada umumnya ketika seseorang sudah mencapai umur 40 tahun,maka ia tidak akan berubah lagi dari apa telah ia capai dan ia perbuat, Jika baik akan tetap baik jika buruk akan tetap buruk hingga akhir hayat.

Semoga menjadi renungan buat kita semua, tidak ada satu makhluk pun yang tidak mati, dan mati tidak memandang usia,keadaan dan dimana pun.
Jika benar keinginanmu untuk mati dalam keadaan husnul khatimah (mati dalam keadaan baik) maka rajin-rajinlah berbuat kebaikan agar kebaikan itu menjadi terus-menerus istiqamah hingga akhir hayat.
Gunakanlah waktu mudamu sebaik mungkin, dan lebih banyaklah beramal sholeh di usia tuamu.

يَا اَلله لَنَا بِالسَّعَادَة يَا اَلله لَنَا بِالسَّعَادَة يَا اَلله لَنَا بِالسَّعَادَة وَالْخَاتِمَة بِالشَّهَادَة
يَااَلله بِهَا 2× يَااَلله بِحُسْنِ الْـخَاتِمَة
يَااَلله بِهَا 2× يَااَلله بِرَحْـمَةٍ وَاسـِعَة
يَااَلله بِهَا 2× يَااَلله باِلتَّـوْبَةِ وَالـقَبُوْلِ
يَااَلله بِهَا 2× يَااَلله بِغُـفْرَانِ الـذُنُوْب

اللهم اغفر لنا وارحمنا والطف بنا… يَا اَمَـانَ الْخَائِـفِيْن سَلِّمْنا مِمَّا نَخَاف

Ya Allah, beri kami hidayat dan taufiq-Mu selalu, dan matikanlah kami dalam keadaan husnul khatimah.

komentar sahabat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s