BERKAH MAJELIS DAN NAZHOR AULIYA’

Dikisahkan dahulu pada saat zaman al-Imam Abdullah ibn Alawi al-Haddad -radhiyallahu ta’ala ‘anhu wa ardhah- tiba-tiba saja di majelis beliau didatangi oleh seorang pemuda dari keturunan Alaydrus yang datang dari desa. Ia datang ke majelis tersebut dengan pakaian yang senonoh (tak pantas), rambutnya pun tak terurus. Lalu ia melangkahi orang-orang yang sudah duduk di depan majelisnya Sayyidinal-Imam Abdullah ibn Alawi al-Haddad.

Di situlah para hadirin banyak yang menggunjing pemuda itu, namun al-Habib Abdullah ibn Alawi al-Haddad dengan fasihnya justru mengatakan, “Wahai para hadirin, jangan sampai kalian menggunjing dia walaupun dia masih muda, walau dia datang dengan pakian seperti itu (tak pantas). Tapi ketahuilah, ini cukup baginya untuk duduk di majelis semacam ini. Karena kakeknya adalah Sulthanul-Mala’, Sulthanul-Wujud al-Habibul-Imam Abdullah ibn Abu Bakar Alaydrus.” Masya Allah, itulah tarbiyyah yang diajarkan AJDADUNA/ LELUHUR KITA.

Dan apa yang terjadi setelah itu? Perkataan yang disampaikan spontan oleh al-Habib Abdullah ibn Alawi al-Haddad langsung menusuk sanubarinya, sehingga ia menangis dan menangis. Lalu ia berikrar kepada ALLAHU TA’ALA bahwa ia tidak akan keluar dari majelisnya al-Habib Abdullah ibn Alawi al-Haddad kecual ia akan mengikuti jalan/tariqah leluhurnya. Sehingga keluar lah beliau dengan nama yang dikenal al-Habib Ali Alaydrus dan dikemudian hari beliau disebut dengan AINU TARIM. Tidak lain, ini semua berkat menghadiri majelis-majelis taklim dan nazhor/pandangan Auliyaillah. (Kisah ini pernah disampaikan oleh al-Habib al-Ustadz Al-A’lim Soleh ibn Ahmad Alaydrus, Malang). *Semoga bermanfaat …

Iklan

komentar sahabat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s