KEUTAMAAN BERSEDEKAH AIR

Para Tabi’in berkata : “Barang siapa yang banyak dosanya, hendaknya ia banyak bersedekah dengan air.”

Dalam suatu kesempatan, Saad bin Ubadah RA bertanya kepada Rasulullah SAW:

“Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?” Beliau menjawab, “Memberi air.” (Shahih Abu Daud).

“Sedekah air ” mendatangkan pujian Allah dan dihapuskan dosa-dosanya. (mutafaqun ‘alaihi).

Memberi atau bersedekah air dapat diwujudkan dengan memberikan air minum secara langsung kepada orang yang kehausan ataupun kepada binatang lain yang sedang mengalami kehausan.

Selain itu, bersedekah air pun dapat diwujudkan dengan membangun sumber air atau mengalirkan air ke tempat-tempat yang kekurangan air sehingga masyarakat sekitarnya merasakan kemudahan mendapatkan air, baik untuk minum maupun untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Sesungguhnya diantara sarana yang efektif dan bermanfaat untuk mengobati si sakit adalah dengan sedekah air, dan khususnya dengan cara menggali sumur, memasang pipa-pipa air, penyaring air karena dengan air itu banyak memberikan kehidupan.

Firman Allah SWT :

“Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman? ( surat al anbiya’ : 30 )

Dari Saad bin Ubadah berkata, “Ya Rasulullah saw, Ibuku (Ummu Saad) meninggal dunia, sedekah apakah yang paling baik aku lakukan untuk ibuku?” Rasulullah saw menjawab, “Air”.

Setiap muslim memberi minum saudaranya muslim yang lain saat saudaranya kehausan, maka nanti Allah akan memberinya minum pada Hari Kiamat dari ‘rohiqul makhtum’ (satu jenis minuman di surga). (HR Abu Daud)

Jadi memberi minum kepada tamu yang berkunjung ke rumah kita, menyediakan minuman ketika ada kajian, atau menyediakan galon yang berisi air mineral di masjid dan fasilitas umum adalah diantara contoh cara bersedekah dengan air.

Bahkan terhadap makhluk lain sekalipun, seperti kepada hewan dan tumbuh-tumbuhan, kita tetap dianjurkan untuk memberi sedekah air meski hanya dengan setetes, seteguk atau seciduk air, demi mencari pahala, diampuni dosa-dosa kita, penyakit akan sirna dan merupakan jalan meraih surga..

komentar sahabat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s